Rabu, 01 Juli 2009

Mengapa harus Linux ?

Tidak afdhol rasanya jika portal tentang Linux tetapi tidak ada kampanye "Mengapa harus Linux?", maka dari itu sayapun menulis mengapa harus linux sesuai versi saya.

Pertanyaan ini atau lebih tepatnya tanya jawab ini sudah banyak sekali dibahas baik didunia maya maupun dibeberapa blog diinternet. Saya pribadi menulis berdasarkan persepsi saya mengapa saya meilih Linux sebagai operating system harian saya.

Sebagai seorang mahasiswa dan karyawan di sebuah perusahaan swasta,saya banyak bekerja menggunakan komputer. Dulu saya sangay addict dengan yang nama nya windows karena ke fLEXIBELannya dalam install software. Tetapi beberapa tahun terakhir ini saya mulai tertarik untuk menggunakan Linux di karenakan beberapa alasan dan pertimbangan.

Apa yang saya butuhkan sudah tersedia di Linux

Sofware-software yang ada di Linux sudah mencukupi hampir semua kebutuhan saya. Berikut sotware-sotware yang sering saya gunakan dalam keseharian saya.

  • aplikasi office - OpenOffice.
  • PDF Reader - evince
  • Music Player - Audacious
  • Torrent Downloader -Transmission
  • Video Player - xine, totem movie player
  • PDF creator - openOffice
  • Windows emulator - WINE
  • Programing - Quanta, BlueFish, Netbeans
  • Virtual Komputer - VirtualBox
  • CHM viewer - CHMsee
  • Chatting - PidGin
  • CD/DVD burning - Brasero
  • Browser - Mozzila Firefox
  • Mail Client - Evolution
  • Dan lain sebagainya.

Masih ada beberapa software lagi yang saya gunakan dan semuanya berjalan under linux. Untuk game pun sudah mulai banyak hanya saja saya pribadi tidak menggunakannya. Jika anda menggunakan ubuntu atau varian debian lainnya, anda bisa mencari software-softwarenya di www.getdeb.net.

Opensource

Dengan adanya lisensi opensource , kita dapat dengan mudah memodifikasi nya sesuai dengan kubutuhan kita. bahkan kita bisa membuat sistem operasi kita sendiri sehingga OS itu benar-benar mencerminkan diri kita.

GNU/GPL


Untuk memiliki sistem operasi ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Kebanyakan pengguna linux mendapatkan sistem operasi ini dengan mendownload dari situs pembuat distro atau hanya dengan mengkopi dari teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar